0

Buat Apa Kita Berpuasa Di Bulan Ramadan?_Bulan Ramadan identik dengan puasa, tapi tahukah kamu manfaat puasa bagi kita? Ataukah itu hanya sebuah rutinitas tahunan saja? Atau ada manfaat lain yang akan kita peroleh?


Saudaraku, Ramadan bulan dimana kita diperintahkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, tidak boleh luput seharipun kecuali karena udzur yang memang dibenarkan oleh syariat. Perintah puasa ini pun sangatlah kuat, Allah taala sendiri yang memerintahkan langsung lewat firmannya, begitu pula Rosululloh sendiri dengan tegas mewanti-wanti untuk selalu berpuasa lewat sabdanya yang sohih.

Puasa Ramadan bukan sekedar rutinitas tahunan yang harus kita kerjakan. Namun, ia adalah sebuah ibadah yang amat sangat utama sekali, bahkan Allah sendiri berjanji akan memberikan ganjaran tersendiri kepada pelakunya. Karena memang ibadah puasa kaitannya dengan hati, hanya dia dengan Allah yang tahu.
Disamping itu orang yang menjalankan ibadah puasa juga akan mendapatkan manfaat tersendiri yang amat sangat berharga, sebagaimana janji Allah dalam firmannya di surat dan ayat yang sama dengan perintah puasa, yaitu manfaat bertaqwa.

Manfaat taqwa sangat besar sekali bagi kita, dengan berpuasa kita akan dilatih bertaqwa dari dini. Karena dengan bertaqwa kita akan mendapatkan manfaat yang amat sangat banyak sekali, diantaranya:

1.Akan mendapatkan cinta Allah taala.
Jika cinta sang Do’i saja selalu kita idam-idamkan kenapa cinta sang pemilik alam semesta tidak kita cari? Bila kita sangat bahagia jika kita dicintai oleh atasan kita kenapa kita tidak bahagia dengan cinta atasannya para atasan?

2.Diberikan jalan keluar dalam setiap masalah yang ada.
Dalam menghadapi setiap masalah tentu kita akan selalu mencari jalan keluarnya bukan? Bagaimana jika jalan keluar dari maslah kita telah di siapkan oleh Allah taala? Orang yang bertaqwa akan dibantu dalam memecahkan setiap masalah yang ia hadapi olehNya.

3.Diberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.
Orang yang bertaqwa akan diberikan rizki oleh Allah taala apapun itu bentuknya entah itu materi atau yang lain sebagainya. Diantara rizki yang mereka dapatkan adalah keberkahan dalam setiap urusan, dan ini sangat penting sekali karena segala perbuatan kita jika tidak berkah ya buat apa?

Dan rizki paling besar yang akan Allah berikan kepada orang-orang yang bertaqwa adalah dimasukkannya ke dalam surganya, karena hanya orang yang bertaqwalah yang akan masuk surga Alloh taala.

Saudaraku, masihkah engkau enggan berpuasa?

Post a Comment

 
Top