8


Imam Syafi’i rohimahulloh seorang ulama besar yang terkenal dengan kecerdasan dan kata-kata mutiara yang penuh hikmah. Diantara nasehat beliau yang amat terkenal yang beliau untai melalui bait syairnya adalah agar seseorang merantau, meninggalkan zona nyamannya menuju wilayah baru, suasana baru, pengalaman baru, dan berkenalan dengan orang-orang baru pula.

Nasehat yang amat berharga ini pun dapat kita aplikasikan dalam kehidupan kita, tanpa harus pergi ketempat nanjauh yang terkadang kita terkendala oleh banyak hal untuk melakukan hal itu. Diantara bentuk pengaplikasian yang amat sederhana adalah dengan keluarnya kita dari zona nyaman yang ada.

Ambil contoh saja seorang mahasiswa apabila ia ingin menerapkan nasehat ini ia cukup mengubah rutinitas hariannya yang tadinya hanya berkutat pada dunia kampus dan juga kosan, uang pun tinggal menunngu tranferan dari orang tua. Cukup baginya keluar dari rutinitas itu dan mengubahnya menjadi lebih bermanfaat baginya di kemudian hari. Seperti mengikuti organisasi kampus, mengikuti berbagai pelatihan sesuai pession yang dia miliki.

Hal ini pun dapat diterapkan oleh siapapun juga. Namun, semu ini tidak boleh keluar dari koridor atau pun kewajiban yang ia miliki, karena yang namanya merantau ia tetap akan kembali kepada asalnya.

Nah diantara bentuk penerapan yang saya lakukan adalah mengikuti berbagai pelatihan serta komunitas menulis, diantaranya adalah pelatihan Belajar Menulis Artikel (BNA) via blog yang di mentori oleh bang Widan Fuady. Karena diantara pession serta hobi saya adalah menulis.

Mengikuti pelatihan ini pun tidaklah mudah, kita dituntut untuk terjun di dunia blog walupun banyak dari peserta yang masih sedikit gaptek seperti saya ini. Namun, dengan sabarnya bang Wildan mengajari kami dengan sabar dan mengharuskan kepada kami untuk mengaplikasikan apa yang telah dipelajari secara langsung, karena memang itu adalah syarat mutlak bagi yang ingin naik ke level selanjutnya. Saya sendiri sempat tidak naik level lantaran tidak mengumpulkan tugas karena sakit. Namun, alhamdulillah ahirnya saya diberi kesempatan lagi untuk naik level bersama angkatan yang baru.

Jadi kesimpulannya belajar ngeblog itu penting terutama bagi orang-orang seperti saya yang ingin mengembangkan literasinya di dunia maya.

Post a Comment

  1. Masyllah luar biasa, Semoga bisa jadi Bloger yg sukses..!!

    ReplyDelete
  2. Keren desain blog nya. Lanjutkan semangat berbagi ilmu. Jika berkenan silahkan kunjungi blog saya www.mirnaaf.blogspot.com
    Salam literasi ^^

    ReplyDelete
  3. Keren gan..teruslah berbagi n bermanfaat bagi banyak orang..

    Visit profil ane juha ya gan. .

    ReplyDelete

 
Top