0

Tebar Manfaat di Bulan Yang Kaya AkanKeberkahan_Bulan Ramadan adalah tamu istimewa yang amat sangat ditunggu-tungu oleh kebanyakan kaum muslimin secara umum, terkhusus bagi mereka yang beriman. Bagaimana tidak, bulan yang kaya akan keberkahan ini memiliki banyak sekali keutamaan yang tidak mungkin kita dapatkan di bulan-bulan lainnya. Mulai dari dibukakannya pintu-pintu surga selebar-lebarnya, ditutupnya pintu neraka serapat-rapatnya sampai dilipat gandakan seluruh amal ibadah kita berkali-kali lipat.

            Di bulan suci Ramadan kita diperintahkan untuk memperbanyak amal ibadah sekuat tenaga.
            Alloh ta’ala menyebutkan di dalam Alquran tepatnya di surat Al baqoroh ayat 148 bahwa ibadah itu sebuah perlombaan
فَاسۡتَبِقُوا الۡخَيۡرٰتِ
Maka berlomba-lombalah dalam mengerjakan kebajikan (ibadah).
            Dalam perlombaan tentu kita akan selalu berusaha menjadi yang terbaik bukan? Dan itu semua tidak mungkin kita dapatkan dengan bersantai-santai belaka, perlu yang namanya kerja keras serta kesungguhan yang sangat kuat.
            Diantara kebaikan (ibadah) yang banyak ganjarannya serta mudah kita lakukan adalah menebar manfaat bagi orang lain. Bahkan nabi Muhammad sendiri menyifati mereka sebagai “Sebai-baik manusia”.
            Menebar kebaikan dapat kita lakukan denga berbagai macam cara, mulai yang ringan sampai yang berat sekalipun. Contoh ringannya memberi minum bagi orang yang sedang berpuasa, atau bagi kita kaum literasi kita dapat menyalurkan passion kita dengan menuliskan nasehat atau pun apa saja yang bermanfaat bagi sesama anak cucu adam.

            Dalam kesempatan ini saya berikhtiar agar romadhon ini penuh makna dengan menyempatkan diri menuliskan apa saja yang saya ketahui dan dirasa bermanfaat bagi sesama, tentang apa saja yang berkaitan tentang romadhon. Dan untuk menjaga komitmen selama 30 hari ke depan saya pun bergabun dalam kelas 30DWC. Semoga ikhtiar saya terlaksana dengan lancar.

Post a Comment

 
Top