0

Sudahkah Anda Berubah?_Ramadan sebentar lagi usai, puasa dengan menahan diri dari makan, minum serta seluruh larangan yang ada pun telah kita jalani selama berhari-hari. Namun, sudahkah kita merasakan sebuah perubahan pada diri kita?
Atau malah kita hanya sekedar menjalani sebuah rutinitas atau teradisi belaka?

Saudaraku, masih ingatkan manfaat berpuasa di bulan nan suci ini

Allah taala telah mengabarkan kepada kita dalam surat Al baqarah ayat ke 183 bahwa manfaat kita berpuasa adalah agar kita semua bertakwa dan semakin bertakwa.

Sudahkah kita mengalami transformasi itu? Dari yang tadinya kurang bertakwa menjadi tambah bertakwa lagi, dari yang dulunya ibadah malas-malasan menjadi lebih giat lagi.

Ibnu Taimiyah rahimahullah memberikan kita penjelasan menarik mengenai pengertian takwa. Beliau rahimahullah berkata:

“Takwa adalah seseorang beramal ketaatan pada Allah atas petunjuk dari Allah karena mengharap rahmat-Nya dan ia meninggalkan maksiat karena petunjuk dari Allah karena takut akan siksa-Nya. Tidaklah seseorang dikatakan mendekatkan  diri pada Allah selain dengan menjalankan kewajiban yang Allah tetapkan dan menunaikan hal-hal yang sunnah.

Allah ta’ala berfirman,

وَمَا تَقَرَّبَ إِلَىَّ عَبْدِى بِشَىْءٍ أَحَبَّ إِلَىَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

“Tidaklah seorang hamba mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan wajib yang Aku cintai. Dan hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan sunnah hingga Aku mencintainya.” Inilah hadits shahih yang disebut dengan hadits qudsi diriwayatkan oleh Imam Bukhari.” (Al Majmu’ Al Fatawa, 10: 433)

Saudaraku, kira-kira sudahkah kita termasuk dalam kriteria orang yang bertakwa?
Apakah kita lebih giat dalam melaksanakan ibadah-ibadah sunnah atau malah kita sering meninggalkan yang wajib?

Mari kita jadikan ramadan yang tinggal sebentar lagi ini sebagai sebab kita berubah menjadi yang lebih baik lagi.

Post a Comment

Post a Comment

 
Top